Tuesday, 4 June 2013

sejarah celana jeans

Jeans merupakan busana yang begitu populer di dunia fashion dan khususnya untuk masyarakat indonesia hingga saat ini.Dengan beraneka ragam style,corak bahkan merk.Sudah menjadi hal yang umum, busana jean ini laksana jamur yang tumbuh subur dan berkembang pesat mewarnai kehidupan sosial /gaya hidup masyarakat indonesia baik untuk kalangan public figur bahkan untuk kalangan masyarakat menegah kebawah. 

Nah, yang menjadi pertanyaan,sebenarnya dari mana sih asal mulanya busana Jeans ini hingga menjadi busana yang paling tren saat ini?.

Pada pertengahan tahun1848,ketika itu di California Amerika Serikat,masyarakatnya tengah dilanda demam emas.Banyak diantara pekerja tambang yang mengeluh karena pakaian/ celana kerja yang mereka gunakan rata-rata mudah sobek/rusak.Hingga suatu ketika seorang perantau asal Bavaria,Eropa bernama 'Levi Strauss',seorang yang berprofesi sebagai penjual pakaian yang mengadu nasib de California ini sangat jeli melihat peluang yang ada.Dengan bermodalkan sisa-sisa tenda yang berbahan kain canvas miliknya,Levi Strauss mencobanya membuat beberapa potong celana.Dan tanpa disangka para penambang sangat menyukai celana buatan Levi tersebut. Bahkan mereka menyebut celana buatan Strauss dengan 'those pants of Levi`s' atau 'Celana Si Levi'. Sebutan inilah yang mengawali merek dagang  jeans pertama di dunia.dengan istilah 'Blue Jeans'
Merasa mendapat angin segar, Strauss menyempurnakan temuannya dengan memesan langsung bahan tekstil dari Genoa yang disebut 'Genes'.Di dunia pemintalan Genoa terkenal sebagai penghasil bahan pakaian yang tidak mudah rusak.Sekitar abad ke-16 para nelayan di Genoa menggunakan bahan pakaian tersebut untuk melaut. Mereka menyebutnya dengan istilah 'Genes' dan kemudian melebar hingga saat ini dengan sebutan 'Jeans' .Orang Prancis menyebut celana ini dengan sebutan 'bleu de GĂ©nes', yang berarti biru Genoa atau lazim disebut dengan sebutan 'Blue Jeans'.

Awalnya Levi Strauss tidak menyangka kalau celana jeans buatannya akan laku keras di kalangan para pekerja tambang hingga akhirnya melanda mayarakat dunia.Hasil karya Strauss pertama kali diberi merk ‘Levi’s’.Celana jeans tersebut menjadi pakai kebangsaan bagi para penambang emas di California.
Tekad Strauss tidak sampai disini. Dengan naluri bisnisnya yang tajam, ia mengajak pengusaha sukses Jakob Davis untuk bekerja sama.Pada tahun 1880 berdirilah pabrik celana jeans pertama di Amerika. Dan produk desain mereka pertama kali adalah Levi's 501 .
Levi's Men's 550 Relaxed Fit Jean, Dark Stonewash, 40x34Dalam perkembangannya, blue-jean makin digemari. Celana jeans yang pada awalnya hanya dipakai oleh para koboy, buruh dan penebang pohon di Amerika, lama-kelamaan berubah menjadi pakaian santai yang dikenakan oleh banyak kalangan. Celana jeans semakin populer dan meledak dipasaran setelah Perang Dunia II, ketika anak muda di seluruh dunia menjadikannya sebagai lambang gaya hidup baru yang bebas dan anti-kemapanan.

No comments:

Post a Comment